Senin, 08 Juni 2009

KOLERIS


(sumber : Buku Bagaimana Mencari kawan dan Mempengaruhi Orang Lain, karya Dale Carnegie)

Dari semua temperamen yang ada, orang koleris adalah seorang yang paling jarang dibelenggu rasa kuatir atau rasa takut, mereka berkemauan keras, mudah emosi, dan cenderung untuk bertindak kasar dan kejam. Pada umumnya orang-orang koleriklah yang berani melakukan pembunuhan, pemerkosaan dan kejahatan lainnya di luar perikemanusiaan.

Sebagian besar dari diktator-diktator dan penjahat-penjahat kejam dunia adalah orang yang bertemperamen koleris. Mereka hanya memperhatikan kemaunnya sendiri dan biasanya mereka akan semakin keras jika ada orang yang menantang atau menghalangi tindakan-tindakkanya. Karena pendiriannya yang keras, maka sifat permusuhan dan kemarahan terlihat dengan jelas mewarnai sifat orang yang bertemperamen koleris. Tidak ada orang yang setajam dan sesengit dia dalam berbicara.

Namun demikian salah satu sifat yang paling berharga dari si koleris adalah kemauannya yang keras. jika sifat ini diarahkan ke arah yang benar, ia akan menjadi seorang yang sangat berhasil dalam setiap bidang pekerjaan yang dipilihnya. Keberhasilan ini terjadi karana keteguhan hati atau kegigihannya dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkannya, karena mereka adalah orang yang paling optimis di dunia. Sifat optimis tersebut membuat mereka sangat puas terhadap diri sendiri dan merasa tidak perlu bergantung kepada orang lain.

Bagi orang-orang koleris, keputusan-keputusan harus jelas apa tujuan dan kegunaannya. Selain mereka sangat suka mencapai tujuan, mereka juga berkembang karena tantangan. Sesuatu yang dinyatakan mustahil tidak akan melemahkan semangatnya tetapi sebaliknya hal tersebut akan selalu menjadi orang pertama yang mencetuskan gerakan pembaharuan. Jika mereka melihat ketidakadilan, mereka akan segera bergerak untuk bertindak. Keberanian untuk bertindak ini bukan bersumber dari perasaan belas kasihan mereka tetapi karena kesukaan mereka untuk beraksi. Sifat dasar seorang koleris adalah tidak berperasaan, keras

Apakaha Anda berada pada tipe ini?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Dilarang untuk memberi komentar yang berbau SARA, Fitnah, dan menjerumuskan hati pada Iri, dengki, tamak, ghibah, dan penyakit hati yang lain yang berujung pada kesia-siaan dan kemiskinan.